Penerbangan yang Ramah Anak

Melakukan perjalanan udara bersama anak-anak tentu bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi ketika musim liburan tiba. Berbagai faktor dapat menjadi handycap ketika Anda membawa anak, mulai dari faktor anak itu sendiri, pelayanan penerbangan, hingga situasi eksternal lainnya. Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh SkyScanner.com terhadap orang tua mengenai masalah ini, diketahui faktor anak itu sendirilah yang menjadi masalah terbesar orang tua. Sebanyak 51% menyatakan kegelisahan dan kebosanan (35%) dan ketakutan atau phobia (16%) anak menjadi masalah nomer satu bagi orangtua. Selebihnya adalah faktor-faktor pelayanan maskapai seperti kursi yang kurang nyaman 23%, ketiadaan nursery room 18%, hingga kru yang tidak simpatik 12%.

Berbagai maskapai internasional sudah tentu menyadari akan permasalahan anak ini. Mereka menawarkan beberapa solusi yang dapat meminimalisasi akan permasalahan yang timbul ketika bepergian bersama anak. Emirates dan Lufthansa misalnya, memberikan fasilitas onboard entertainment seperti podcast, game, dan film, bahkan kue ultah bagi mereka yang berulangtahun. Selain itu juga ada program frequentflyer khusus anak.

GambarMau yang lebih ekstrim? Sebuah maskapai asal Taiwan EvaAir meluncurkan program Hello Kitty Jet di mana seluruh badan pesawat, baik interior maupun eksterior bercorak Hello Kitty! Menurut web resminya, Anda bisa bepergian dari Taipei ke beberapa kota di Asia Timur seperti Tokyo, Seoul, Shanghai, dan Hongkong yang tentu saja didukung fasilitas yang Childfriendly. Jika berminat sila akses ke http://evakitty.evaair.com/en/

Maskapai nasional tentu bisa mengambil contoh beberapa hal yang dilakukan oleh maskapai internasional lain seperti misalnya yang dilakukan Qatar Airlines yang memberikan tas khusus berisi berbagai keperluan seperti sereal, susu segar, tisu basah, popok, bedak, dan mainan khusus bagi anak-anak berumur dibawah dua tahun. Lain lagi dengan kebijakan Virgin Airlines yang menugaskan para pramugari mereka untuk menjaga anak-anak dan memberikan hiburan disertai keramahan. Jika maskapai berani mengambil langkah ini tentu akan meningkatkan value mereka di mata para orang tua.