Taman Rekreasi Pulau Kumala

Pulau Kumala, yang terletak di kabupaten Kutai Kartanegara, kini menjadi destinasi wisata favorit baru di provinsi Kalimantan Timur. Masyarakat yang ada di provinsi Kalimantan Timur kini tidak perlu lagi jauh-jauh ke Jakarta atau kota besar lainnya untuk berekreasi. Taman rekreasi Pulau Kumala adalah sebuah pulau dengan wahana permainan yang menarik bagi para wisatawan yang umumnya keluarga.

Pulau Kumala terletak tidak jauh dari pintu masuk kota Tenggarong. Anda dapat melihat pulau ini melalui jembatan Kartanegara yang melintasi sungai mahakam. Dibangun sejak tahun 2002, pulau ini memiliki sepuluh wahana permainan yang bisa dinikmati. Jangan khawatir dengan akomodasi, karena pulau ini juga dilengkapi dengan resor dengan harga yang terjangkau.

Letak taman rekreasi ini termasuk unik, karena merupakan pulau kecil di tengah-tengah sungai mahakam. Yang paling mencolok dari taman ini adalah keberadaan skytower yang tinggi. Walaupun dikelola oleh pemerintah kabupaten Kutai Kartanegara, namun pengelolaannya dilakukan secara professional.

Untuk mencapai taman rekreasi pulau kumala yang ada di kota Tenggarong ini dapat ditempuh perjalanan darat dari kota Balikpapan sekitar 3 jam atau dari kota Samarinda sekitar 1 jam. Jalan darat yang dilalui beraspal mulus dan cukup lebar. Setelah sampai, Anda bisa menggunakan kapal motor untuk menyebrang atau dengan menggunakan sarana kereta gantung langsung menuju Pulau Kumala.

Memasuki area taman rekreasi, Anda akan dikenakan tarif masuk yang murah yakni 2000 rupiah. Sedangkan tarif untuk mencoba wahana permainan seperti jet coaster, bombom car, atau komedi putar bervariasi dari 1500 sampai 10 ribu rupiah saja. Taman rekreasi Pulau Kumala juga menyediakan arena pemancingan. Jika Anda beruntung, Anda dapat melihat pelangi yang indah melintasi taman rekreasi ini. Tertarik? Segera datang ke kota Tenggarong dan kunjungi taman rekreasi Pulau Kumala.