Mona pergi berlibur

Sesuai janji papa, Mona sedang bersiap-siap untuk pergi berlibur. Ya, sesuai janji papa, kalau nilai rapor Mona 8 semua Papa akan mengajak Mona jalan-jalan. Lain dari biasanya, papa akan mengajak Mona ke objek wisata Taman Mini Indonesia Indah.

Berawal dari cerita teman-teman Mona yang sudah pernah ke sana, Mona jadi ingin melihat langsung seperti apa sih Taman Mini. Kata mereka Taman Mini seperti Indonesia Kecil bisa mellihat seluruh propinsi. Selain itu, ada teater Keong Mas yang terkenal. Ia pun menceritakan keinginannya pergi ke papa.

Papa menyetujui, “tapi janji nilai rapor Mona 8 ya”. Mona pun mengangguk tanda setuju. Di sekolah, Mona selalu mencatat pelajaran yang penting. Selepas sekolah, Mona bergegas pulang. Malamnya ia mengulang apa-apa yang diberikan oleh gurunya tadi pagi dan mengerjakan pe-er esok hari. Begitulah keseharian Mona hingga ujian menjelang.

Mona bukanlah murid yang terbilang pandai di sekolah. Ia lebih sering bermain atau bercanda dengan teman-teman. Perubahan yang terjadi membuat teman-teman Mona terheran-heran. “Papa janjiin kalo aku bakal ke taman mini kalau nilai ujian 8 semua” jelas Mona kepada teman-temannya. Teman-temannya pun terkagum-kagum, apalagi setelah diumumkan bahwa Mona masuk rangking 5 besar.

Papa sangat bangga akan prestasi Mona. Pagi itu, Mona dengan rambut kuncir kuda andalannya bersama Papa dan Mama pergi ke taman mini. Sampai disana, Mona terkagum-kagum melihat rumah-rumah adat dari berbagai propinsi di Indonesia ada di sana. “Jika ingin melihat semua, kita naik kereta gantung aja yuk”ajak Mama kepada Mona dan Papa. Dengan hembusan angin yang menyejukkan mereka melihat rumah-rumah adat dari ketinggian. Selain itu juga ada miniatur pulau-pulau di Indonesia dalam sebuah danau kecil.

Lelah berkeliling, sejenak Mona beristirahat sambil makan siang bersama. Tidak terlalu lama, Mona ingin melihat taman burung. Betapa senangnya Mona ketika dapat berfoto bersama dengan burung makaw yang memiliki bulu indah. Ada satu lagi tempat yang ingin dikunjungi Mona, Keong Mas tentunya. Teater yang biasa memainkan film ini unik karena desainnya seperti keong dengan cat berwarna kuning keemasan persis seperti Keong.

Hari itu, Mona sangat senang karena dapat melihat keindahan taman mini dari dekat. Mona berjanji pada papa untuk mempertahankan prestasi di sekolahnya. Karena apabila Mona tetap mendapat nilai 8 dan naik kelas, papa berjanji akan mengajak berlibur ke Bali!