Hemat Liburan Tahun Baru dengan Pesawat

1. Booking tiket sedini mungkin

Harga tiket akan semakin meningkat mendekati liburan. Jika Anda mendapat tawaran yang bagus di waktu awal janganlah menunda-nunda, khususnya jika Anda berencana terbang pada peaktime seperti menjelang hari Natal dan Tahun Baru.

2. Fleksibel pada waktu liburan

Jika Anda memiliki waktu liburan yang lebih fleksibel, berangkatlah sebelum dan pulang sesudah tanggal-tanggal tersebut. Hindari tanggal-tanggal peak holiday travel seperti 23 Desember, 26 Desember, dan 2 Januari. Jika memungkinkan

3. Jangan malu dengan tiket dini-larut

Ini mungkin tips sederhana dan jangan malu untuk melakukannya. Harga tiket pada off-peak seperti pagi dini atau larut malam biasanya lebih murah. Anda juga mendapatkan keuntungan tidak saja menghemat pengeluaran tapi memiliki waktu yang lebih panjang untuk berlibur meski hanya setengah hari.

4. Terbanglah pada hari-H

Mungkin ini pilihan terakhir bagi Anda. Terbanglah pada hari-H, karena penerbangan pada hari tersebut mendapatkan potongan harga khususnya malam hari atau menjelang pergantian tahun. Pada hari tersebut, orang-orang biasanya sudah ada di lokasi berlibur. Namun, Anda juga harus bersiap-siap jika penerbangan ditunda atau dibatalkan.

5. Coba alternatif bandara

Cobalah mengalihkan keberangkatan atau kepulangan Anda pada bandara alternatif. Seperti, bandara Soekarno Hatta Cengkareng dengan bandara Husein Sastranegara Bandung, bandara Adi Sumarmo Solo dengan bandara Adi Sutcipto Jogjakarta, atau bandara Juanda Surabaya dengan bandara Abdul Rahman di kota Malang sebagai alternatif. Anda bisa mendapatkan harga yang kompetitif meskipun untuk itu Anda  harus berkendara selama satu atau dua jam.