Bepergian Saat Puasa

Di bulan Ramadhan ini umat muslim diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Berpuasa terbukti dapat menurunkan berbagai macam masalah kesehatan seperti kolesterol, obesitas, diabtes mellitus, tekanan darah tinggi, dan mencegah gangguan jantung. Jika Anda akan bepergian baik untuk tujuan bisnis maupun wisata, Anda dapat tetap berpuasa dengan beberapa tips berikut ini:

–       Gunakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal sehingga Anda mempunyai cukup energi saat bepergian.

–       Perhitungkan waktu berbuka di kota tujuan, seperti waktu berbuka dan perbedaan waktu.

–       Siapkan air putih dalam kemasan secukupnya.

–       Jika ingin berwisata, pilihlah kota dengan suhu udara yang sejuk. Dengan begitu Anda dapat berkeliling objek-objek wisata dengan nyaman karena suhu udara yang rendah dapat mengurangi penguapan cairan tubuh.

–       Catat juga nama mesjid raya yang ada di kota tujuan. Anda dapat singgah ketika waktu berbuka tiba. Selain melakukan ibadah, Anda dapat mengabadikan diri Anda ataupun suasana berbuka di mesjid raya tersebut.

–       Siapkan korma dalam kotak kecil yang akan berguna saat berbuka dalam perjalanan karena mudah dicerna dan dapat mengembalikan kadar gula darah yang hilang selama berpuasa

–       Sediakan waktu sekitar satu jam setelah waktu berbuka untuk memulai makan dalam porsi penuh. Sembari menunggu, tidak ada salahnya sambil mencari makanan kuliner khas kota tujuan.

–       Pesanlah makan malam dalam porsi yang sewajarnya, tidak mengandung santan atau cabe dan memenuhi unsur-unsur gizi yang seimbang. Jangan lupa mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin.

–       Selalu berpikiran positif bahwa segala aktifitas yang Anda kerjakan sambil berpuasa dapat menambah nilai positif baik bagi tubuh maupun mental Anda.