Ika Puspita

Ika Puspita

Jangan pernah meremehkan faktor keselamatan penerbangan. Itu prinsip yang dianut Ika Puspita ketika bertugas. “Saya selalu dan tidak pernah bosan untuk mencek kabin, sekali, duakali, sampai saya yakin bahwa kabin sudah safe,” ujarnya, menjelaskan. Sebagai awak kabin, Puspita menyadari benar bahwa ia adalah orang yang berhubungan langsung dengan penumpang dan perlu memberikan perhatian lebih melalui komunikasi yang baik. “Semakin kita berkomunikasi dengan baik, maka makin mengenal karakter penumpang sehingga akan lebih mudah menanganinya,” ujarnya seraya tersenyum.

Dara kelahiran 7 Agustus ini mengaku bahagia bisa menjadi flight attendant. “Sejak dulu saya sudah ingina menjadi pramugari. Apalagi saya ingin mandiri dan tidak menyusahkan orangtua,” tutur Ika, yang semasa SMA pernah menjadi anggota paskibra ini. Apalagi, maskapai Sriwijaya Air, tempatnya berkarier saat ini, memiliki suasana kekeluargaan yang membuatnya betah sehingga tidak berniat untuk pindah ke maskapai lain.

Pengalaman Puspita menjalani profesi sebagai awak kabin ternyata juga mengubah penampilannya sehari-hari. “Saya dulu termasuk tomboy, loh,” ujar alumnus SMA 4 Yuppentek Tangerang ini. Karena tuntutan profesi, ia pun mulai bersentuhan dengan peralatan make-up dan mulai tampil lebih feminin. Bahkan, beberapa penumpang pernah berkata bahwa ia mirip dengan musisi Maia Estianty. Kini, pemilik tinggi 165 cm dan berat 50 kg ini lebih sering mengenakan celana pendek dipadu dengan baju yang longgar. “Well, yang penting saya suka dan nyaman untuk memakai sehari-hari,” kata wanita yang memiliki mata indah ini.

Ada satu hobi yang juga tak bosan ia lakukan. “I’m movie freak,” ujarnya berbinar. Segala jenis film ia suka. Jika waktunya off duty, Puspita sering pergi ke bioskop bersama teman-temannya. Bahkan, perempuan yang mengaku masih single ini rela menonton sendiri saja di bioskop demi melakoni aktivitas ini. Beberapa film box office yang tayang bulan lalu seperti Ice Age, Transformer, Harry Potter, tak ingin dilewatkan begitu saja. By the way, is it safe watching movie alone?