Rose “RAINY” Anggraeny

From Bali With Love

RAENY

Datang dari Bali dengan cinta. Itulah Raeny, gadis Jawa yang lahir dan besar di Pulau Dewata . Banyak yang tidak mengira, dengan perawakannya yang imut, ternyata dia sudah berumur 20 tahun. “Wah, sudah tidak bisa dihitung lagi penumpang yang mengira saya masih berumur 17 tahun,” ujarnya sembari tersenyum.

Pemilik nama lengkap Rose Anggraeny terlahir dari keluarga yang sederhana, “Papa mengelola restoran kecil-kecilan sedangkan Mama hanya ibu rumah tangga,” ujarnya. Atas dorongan orang tualah, khususnya papa, membuat Raeny membulatkan diri untuk menjadi awak kabin. “Papa bilang, pengalaman dan hidup mandiri itu lebih berharga daripada belajar di buku,” kata Raeny, mengenang.

Dari Kerobokan, sekitar 30 menit dari Denpasar, Raeny pun berangkat ke Jakarta untuk menjalani pendidikan sebagai pramugari. Begitu lulus, ia diterima di Sriwijaya Air. “Kekeluargaannya sangat terasa sehingga membuat saya nyaman dan betah menjalani pekerjaan,” ucapnya. Nama Raeny sendiri didapatnya dari Retno Widuri, chief F/A (Flight Attendant). ”Beliau bilang sudah ada pramugari lain bernama Rose dan Anggraeny, sehingga jadilah aku diberi nama Raeny,” tutur gadis kelahiran 7 November 1988 ini menjelaskan.

“Jalani penuh cinta dan tanggung jawab,” begitu prinsip hidupnya. Walaupun berat meninggalkan orang tua yang dicintai di usia muda, namun Raeny menjalaninya dengan tulus dan ikhlas. Semua itu juga tak lepas dari semangat orang tua, saudara, dan juga pacar yang selalu memberikan dukungan. “Tapi masih ada hal yang saya rindukan, yakni masakan mama seperti ayam kecap dan ikan bakar,” ujar sulung dua bersaudara ini.

Banyak pengalaman menarik ketika menjalani profesinya ini. “Ada penumpang yang bilang saya mirip Sandra Dewi, Dewi Perssik, tapi yang paling sering sih banyak yang menyangka saya ini mencuri umur untuk menjadi pramugari,” katanya tersipu malu. Tapi itu semua tidak menghilangkan cintanya akan profesi awak kabin ini. “Kecil-kecil gini saya suka banget mencoba kuliner baru juga traveling, makanya klop banget kan?,” kata putri pasangan Lilik Akhuda dan Rahadi Wiyono ini, nampak sumringah.