Mie Koba

mie kobaHidangan laut bagi daerah kepulauan seperti Bangka memang tidak asing lagi. Variasi makanan seafood seperti ikan, udang, tiram, hingga kepiting yang diolah dengan berbagai cara menjadi santapan yang tak boleh terlewatkan. Di Bangka, ada sajian khas paduan mie dan ikan yaitu Mie Koba. Koba berasal dari nama sebuah kabupaten di pulau Bangka. Dahulu, mie kuah ini memang hanya dijumpai di kota asalnya, namun kini Mie Koba telah menjadi sajian khas Bangka.

Yang menarik dari bakmie rebus ini bukan karena disajikan dengan ikan, namun justru bahan bakunya (mie tersebut) yang terbuat dari campuran ikan. Cara penyajian mie Koba sangatlah sederhana, berupa campuran mie dan tauge yang disiram dengan kuah, ditambahkan bawang goreng dan daun seledri di atasnya. Keistimewaan lainnya, kuahnya merngandung rasa dan aroma kayu manis yang benar-benar menyegarkan dan menggoyang lidah. Anda dijamin tidak akan melewatkan sruputan kuah mie Koba yang lezat. Sebuah sajian sederhana namun tetap menggoda.

Saat menyantap bagian mie-nya, barulah Anda akan menemukan perbedaan Mie Koba dengan mie lainnya. Mie Koba sedikit terasa kenyal di lidah, apalagi dengan paduan tauge segar yang kemerenyes. Kenikmatannya dapat membuat Anda lupa diri hingga tak terasa seporsi Mie Koba telah mengisi perut. Uniknya, bagi banyak orang porsinya benar-benar pas, sehingga tak perlu menambah lagi. Bisa jadi pencipta Mie Koba benar-benar telah memperhitungkan takaran yang pas, sehingga membuat penikmatnya kenyang dan puas. Jadi, bila bertandang ke Bangka, Anda patut mencoba kuliner khas yang satu ini.