Gonggong

Cangkang siput sebagai hiasan, bukan hal baru. Tetapi pernahkan terpikirkan bahwa siput tak hanya berguna sebagai hiasan, tetapi nikmat pula untuk disantap.

gong-gong

Kelezatan masakan siput bisa Anda dapatkan di Pulau Batam. Daerah ini tak hanya menjadi surga belanja merek-merek terkenal dengan harga miring, namun juga memiliki potensi kuliner yang tak kalah nikmatnya dengan daerah lain di Indonesia. Pulau yang berdekatan dengan Singapura ini memang terkenal akan makanan lautnya.

Ada satu kuliner yang menarik di Batam, namanya Gonggong. Kuliner yang satu ini sebenarnya juga dikenal di daerah-daerah sekitar Batam. Gonggong adalah sejenis siput yang cangkangnya biasanya digunakan untuk hiasan. Meski sepintas tampak kurang meyakinkan sebagai sebuah masakan, namun kulner yang satu ini ternyata sungguh lezat.

Proses memasak Gonggong boleh dibilang cukup sederhana. Seperti memasak makanan laut sejenis lainnya, semisal kerang, Gonggong hanya direbus dengan air hangat sekitar 15 menit hingga benar-benar matang. Setelah matang Gonggong kemudian disajikan dengan sambal yang bervariasi. “Paling enak sih dengan saus sambal, namun ada juga yang senang menyantapnya dengan kecap yang ditaburi irisan cabe hijau,” ujar seorang pelayan restoran di kawasan Batu Besar, tempat kuliner khas Batam ini bisa ditemukan.

Cara memakan hewan yang masuk dalam kategori moluska gastropoda ini juga tergolong unik. Tusuk gigi yang tersedia digunakan untuk mengait Gonggong yang ada di dalam cangkang berukuran 10 cm. Setelah itu, Gonggong di cocol” ke dalam saus dan siap disantap. Walau dagingnya agak tebal, namun gonggong tidak alot. “Mirip daging cumi, tapi sensasinya memang berbeda,” ujar salah satu penikmat Gonggong yang sempat kami wawancarai.

Yang terpenting, ada sebuah mitos menarik tentang kuliner satu ini. Konon Gonggong dipercaya berkhasiat untuk menambah vitalitas. Bahkan, seorang warga Singapura rela menyeberang ke Batam demi menikmati siput yang seporsinya dihargai sekitar Rp 60.000-an ini.

Sejatinya, kuliner yang satu ini rendah lemak namun kaya protein. Jadi, jangan lewatkan untuk mencicipi Gonggong jika Anda berkunjung ke Batam.