Capt. Rudy N T Panjaitan

capt. RudyProfesi pilot bagi capt.Rudi merupakan sebuah pekerjaan yang sangat dicintainya. “Tuhan menciptakan manusia untuk bekerja di darat, makanya saya bersyukur atas anugerah-Nya bisa bekerja di udara sebagai pilot,” ujar pemilik nama lengkap Rudy N T Panjaitan ini.

Selain itu menjadi pilot komersial seperti dirinya juga wajib memberikan pelayanan yang prima kepada para penumpang. Pria kelahiran Jakarta 16 Maret 1969 ini mengaku sejak awal ingin menjadi pilot. “Waktu kecil saya sering diajak ibu saya bertemu paman yang seorang pilot di bandara Kemayoran. Hal inilah yang menginspirasikan saya untuk masuk sekolah penerbangan selepas SMA,” kata suami dari Rebeka Sitompul.

Menurutnya, menjalani profesi ini berbeda dari profesi-profesi lainnya. “Pilot dituntut untuk cepat dalam mengambil keputusan (quick thinking), dan efek dari hasil keputusan itu langsung terjadi saat itu juga,” jelas capt. Rudy.

Pilot lulusan PLP Curug angkatan 45 ini benar-benar menikmati pekerjaannya. Bahkan, capt. Rudy memiliki keinginan agar maskapai-maskapai yang ada di Indonesia dapat diakui di dunia internasional. “Dengan begitu pilot-pilot Indonesia yang berkarir di luar negeri akan kembali ke negerinya, bahkan pilot-pilot asing pun tidak segan untuk bekerja untuk maskapai Indonesia,” harapnya.

Ayah dari Citra Natalia T Panjaitan dan Priskilla Abigail Panjaitan ini mulai berkarir di Sriwijaya Air pada tahun 2006. Suasana antar kru yang akrab dan penuh kekeluargaan membuatnya merasa betah bekerja di Sriwijaya Air. “Selain itu, jajaran manajemen Sriwijaya Air sangat cooperatif terhadap para awak sehingga komunikasi untuk memberikan masukan-masukan terhadap kemajuan maskapai ini terjalin dengan baik,” ucap capt. Rudy.

Aktivitas waktu luang capt.Rudy banyak dihabiskan untuk membaca buku. “Saya suka membaca buku yang dapat mengubah pribadi menjadi lebih baik,” katanya. “Saya dan keluarga juga termasuk gemar makan, kita sering jalan-jalan untuk berwisata kuliner,” tambahnya lagi. Bagi capt. Rudy, berkumpul bersama keluarga merupakan hal yang wajib dilakukan di waktu senggang.