Wisata Istana Kepresidenan

Bosan menuju objek wisata yang itu-itu saja di Jakarta? Mungkin Anda tertarik dengan wisata yang satu ini. Wisata Istana Kepresidenan namanya. Ya, Anda dapat melakukan kunjungan ke rumah dinas presiden Republik Indonesia yang terletak di kawasan Medan Merdeka Barat.

Jika berminat untuk melakukan wisata istana kepresidenan ini, ada baiknya Anda datang bersama teman-teman atau keluarga Anda. Semakin banyak jumlah orang yang datang maka semakin cepat Anda dapat menuju ke istana. Hal ini dikarenakan, setiap sesi kunjungan wisata ditetapkan berjumlah 15 orang, kurang dari itu Anda harus bersabar menunggu pengunjung lainnya datang.

Prosedur untuk melakukan wisata istana ini cukuplah mudah, Anda hanya diwajibkan berpakaian rapi dan sopan. Datanglah di hari sabtu dan minggu antara pukul 9 pagi sampai 3 sore. Anda cukup menyerahkan tanda pengenal berupa ktp atau sim untuk ditukarkan dengan identitas masuk istana. Sayangnya, dengan alasan keamanan, Anda tidak diperbolehkan membawa kamera, tas pun harus dititipkan pada tempat yang telah disediakan.

Selesai mendaftarkan diri, Anda akan dipersilakan duduk dan menunggu sampai kuota 15 orang terpenuhi. Jika sudah mencapai 15 orang, maka Anda akan dipanggil menuju bis yang akan membawa Anda menuju istana. Inilah gunanya jika Anda datang dengan jumlah yang banyak karena akan lebih mempersingkat waktu berangkat. Setiap rombongan yang berangkat ditemani oleh seorang tour guide yang akan menjelaskan seluk beluk istana.

Sesampai di istana, Anda diajak menuju sebuah ruangan yang cukup besar. Di tempat ini akan diputar sebuah film dokumenter singkat berdurasi sekitar 10 menit mengenai sejarah berdirinya istana dari sejak jaman Belanda hingga kini yang berfungsi sebagai istana presiden. Sekadar informasi, di dalam komplek istana kepresidenan ini terdapat dua buah istana, yakni istana merdeka dan istana negara. Setiap jaman kepemimpinan presiden, fungsi kedua istana ini berubah-ubah, ada yang difungsikan sebagai rumah pribadi, ada juga yang difungsikan sebagai ruang rapat kabinet terbatas.

Selesai menyaksikan dokumentasi, Anda akan diajak memasuki istana, yang dimulai dengan menyusuri bagian depan istana. Di bagian depan istana inilah, tempat yang menjadi favorit para pengunjung karena bisa melakukan foto dengan fotografer yang telah disediakan pihak pengelola. Setiap satu kali foto dihargai Rp 10 ribu, cukup terjangkau bukan? Anda bisa mengabadikan diri Anda sendiri atau bersama seluruh rombongan.

Setelah puas mengabadikan momen Anda di istana, tour guide langsung mengajak rombongan menuju ke bagian dalam. Di sini akan terlihat kemegahan istana yang dihiasi oleh karpet-karpet nan indah, lampu-lampu hias, berbagai patung, dan lukisan karya seniman besar Indonesia seperti Affandi. Selain itu juga ada pajangan yang merupakan hadiah dari berbagai negara sahabat.

Setelah puas melihat istana, Anda akan diajak menyusuri sebuah jalan dimana di bagian pinggirnya terdapat dinding yang memuat foto-foto dokumentasi aktifitas presiden dari presiden Soekarno sampai presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ada yang menarik dari salah satu bagian tersebut yakni dokumentasi foto-foto para presiden dengan hobi yang sama yakni fotografi. Anda juga dapat melihat taman dimana terdapat pohon yang usianya sudah ratusan tahun. Di taman ini juga terdapat pohon yang ditanam oleh presiden maupun keluarganya. Wisata istana kepresidenan pun berakhir dan Anda diajak kembali ke bis menuju ke tempat pendaftaran.

Kembali ke tempat pendaftaran, Anda menyerahkan id card untuk mengambil identitas pribadi Anda. Belum lengkap rasanya, jika Anda tidak memiliki kenang-kenangan pribadi dari tempat ini. Foto yang Anda abadikan sebelumnya dapat diambil di tempat ini beserta pembayarannya. Selain itu, Anda juga dapat membeli pernak-pernik dari wisata istana kepresidenan ini seperti, stiker, kaos, gantungan kunci, mug, jam tangan, dan masih banyak lagi. Semuanya tentu disesuaikan dengan selera dan budget yang Anda miliki. Jadi, tunggu apalagi, segera ajak teman-teman atau sanak famili berkunjung ke istana kepresidenan.