Gabriella S.X Bongoro: Finance & General Affair Director

Ibu GabGabriella Sonia Xevianne Bangoro, demikian nama lengkapnya. Lulusan sarjana ekonomi ini memegang jabatan yang sangat strategis di Sriwijaya Air yakni Finance & General Affair Director. Dari tangan beliaulah segala hal yang menyangkut strategi pemasaran dan penjualan serta keuangan dikendalikan. Beratkah? Berikut hasil penuturannya kepada Sriwijaya:

Apa tantangan yang sering Anda temui dalam memegang jabatan Finance & General Affair Director ini?

Buat saya tantangan membuat kita semangat dalam bekerja. Pada Departemen Finance bagaimana saya dapat bersinergi dan berkoordinasi dengan Departemen Commercial agar dapat tercapai load factor maksimal yang menunjang tercapainya revenue yang maksimal pula. Sedangkan pada Departemen General Affair dan HRD, saya tertantang untuk membentuk kualitas SDM yang ada secara profesional agar menjadi personil yang terampil dan handal sesuai dengan bidangnya. Dengan begitu maka SDM kami dapat memberikan kinerja yang lebih optimal dalam melakukan pekerjaannya, dan selain itu kami juga memerhatikan kesejahteraan karyawan itu sendiri yang tentunya hal ini sesuai dengan visi dan misi perusahaan kami.

Sebagai Finance & General Affair Director, bagaimana Anda menerapkan budaya dalam direktorat Anda?

Yang pertama adalah kejujuran, disiplin, loyalitas dan memberikan kemudahan. Kesemuanya ini harus dicapai dengan bekerja keras. Intinya kita harus selalu siap kapanpun, dimanapun dan dalam situasi apapun saat perusahaan membutuhkan kita.

Turut melihat perkembangan perusahaan ini dari awal, apa arti Sriwijaya Air buat Anda?

Sriwijaya Air sudah seperti keluarga besar saya sendiri. Bahkan saya sangat mementingkan kepentingan perusahaan dibanding kepentingan keluarga jika keadaan benar-benar membutuhkan saya. Saya juga menanamkan ini kepada setiap staf yang ada di bawah saya. Saya menganggap mereka sebagai keluarga sendiri sehingga tertanam rasa memiliki perusahaan. Walaupun begitu, saya tetap ada waktu buat keluarga saya.

Menginjak usia yang ke-5, apa harapan Anda untuk Sriwijaya Air?

Saat ini Sriwijaya Air sudah eksis dengan rute-rute yang ada di bumi pertiwi. Harapan saya, ke depan, Sriwijaya Air semakin mantap di bumi pertiwi dengan mempertebal rute-rute yang sudah ada dan mengembangkan jaringan ke wilayah timur Indonesia serta memperluas rute regionalnya. Saya juga berharap agar Sriwijaya Air menjadi pilihan utama para pengguna jasa transportasi udara tanah air. (RK)