Capt. Kusnadi Yusuf

Capt.KusnadiCapt. Kusnadi Yusuf adalah salah satu pionir berdirinya Sriwijaya Air. Saat ini beliau memegang salah satu posisi vital dan strategis yakni sebagai Safety & Security Director Sriwijaya Air. Baginya, peran keselamatan dan keamanan termasuk faktor yang menentukan dalam bisnis penerbangan dewasa ini. Berikut penuturannya mengenai pentingnya aspek keselamatan dan keamanan.

  • Bisa ceritakan mengenai jabatan Anda sebagai Safety & Security Director?

Safety & Security adalah dua hal yang selalu beriringan dan berdampingan seperti dua sisi mata uang logam. Saya sebagai Safety & Security Director berperan membudayakan keselamatan dan keamanan di seluruh jajaran Sriwijaya Air.

  • Keahlian apa yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang satu ini?

Tidak sembarang orang bisa menjabat posisi safety & security director ini. Untuk menjabat dibutuhkan sertifikat CASO (Company Aviation Service Officer) yang dikeluarkan oleh DSKU (Dinas Sertifikasi Kelaikan Udara). Untuk mendapatkannya juga melalui pendidikan dan fit & proper tes di dinas perhubungan udara.

  • Mengingat tanggung jawab yang begitu besar, bagaimana Anda menyikapinya?

Berat sekali memang beban yang saya pikul namun mau tidak mau saya harus dapat menghandlenya karena memang orang-orang yang menjabat harus spesifik. Selain itu saya juga proaktif memberikan penjelasan mengenai safety & security kepada seluruh pihak di Sriwijaya Air.

  • Rencana kerja yang sedang dan akan dilakukan?

Langkah awal yang sudah dilakukan adalah mengadakan SMS (Safety Management System) Course beberapa waktu yang lalu. Langkah berikutnya adalah implementasi dari hasil yang didapat dari Course tersebut di lapangan atau langkah riilnya.

  • Masalah yang sering dihadapi dalam pekerjaan dan bagaimana Anda mengatasinya?

Kendala yang masih terjadi saat ini adalah safety culture yang belum melembaga secara keseluruhan. Namun secara bertahap hal ini akan terus ditingkatkan sehingga mulai 1 Januari 2009 sistem dan penerapan safety culture dapat berjalan secara terpadu dan berkesinambungan.

  • Harapan ke depan untuk Sriwijaya Air dalam rangka ulang tahun yang ke-5?

Saya sebagai salah satu pionir pemrakarsa berdirinya Sriwijaya Air mengucapkan selamat. Semoga Sriwijaya Air terus maju, besar, dan solid. Ya saya berharap cepart-cepatlah punya rute regional & internasional tanpa mengesampingkan segi safety dan servicenya. Saya sudah menganggap Sriwijaya Air sebagai rumah sendiri, kalau bukan kita siapa lagi yang membesarkannya bukan?

  • Pesan untuk penumpang Sriwijaya Air mengenai safety & security procedur di dalam pesawat?

Saya berharap semua aturan yang sudah baku agar dihayati benar dalam benak para penumpang seperti mematikan telepon selular dan peraturan mengenai dangerous goods. Karena keselamatan dan keamanan adalah milik kita bersama bukan hanya dari cabin crew saja.

  • Hobi yang sering Anda lakukan di waktu luang?

Kalau ada waktu luang, saya suka bermain golf. Kebetulan dari rumah saya, sekitar 200 meter, ada driving range. Ya lumayanlah setiap 2 minggu sekali selalu menyempatkan diri bermain golf.