Capt. Harwick B Lahunduitan

capt.harwickPria bernama lengkap Harwick Budiman Lahunduitan adalah wakil direktur Sriwijaya Air yang ikut merintis awal mula berdirinya Sriwijaya Air. Pria kelahiran Surabaya, 22 Mei 1963 ini berharap agar Sriwijaya Air semakin kuat menghadapi tantangan dunia penerbangan nasional sehingga menjadi pijakan yang kuat menuju penerbangan regional maupun internasional. Berikut petikan wawancara selengkapnya.

Bisa ceritakan awal mula Anda menjabat sebagai Vice President?

Saya ada di Sriwijaya Air semenjak awal berdiri dan langsung menjabat sebagai vice president. Saya sih tidak berharap untuk memegang posisi ini karena saya inginnya terbang saja. Namun, bapak Chandra Lie melihat pertimbangan bahwa track record saya sebelumnya telah lama berkecimpung pada manajemen pada maskapai sebelumnya sehingga menempatkan saya di posisi ini.

Sebagai Vice President, sikap seperti apa yang selalu Anda junjung tinggi dalam pekerjaan?

Integritas tentunya. Semua aspek ada disini mulai dari kejujuran, kesolidan, totalitas, hingga loyalitas.

Adakah pengalaman menarik yang berkesan selama mengabdi di Sriwijaya Air?

Ada, pada saat Sriwijaya Air melakukan penerbangan perdana menuju Pangkal Pinang yang sudah djadwalkan pada 10 November 2003. Pesawat yang akan saya bawa saat itu masih berlokasi di Curug untuk melakukan persiapan penyelesaian Maintenance padahal harus dilaksanakan Test Flight. Akhirnya, saya melakukan test flight satu putaran dan langsung melaksanakan penerbangan perdana saat itu juga. Penerbangan berlangsung dengan baik bersama seluruh jajaran komisaris dan direktur serta tamu kehormatan yang menjadi penumpang perdananya.

Melihat situasi terakhir dunia penerbangan Indonesia (larangan terbang Uni Eropa dan beberapa kecelakaan yang masih terjadi), apa pendapat Anda?

Kuncinya ada pada Sumber Daya Manusia yang kita punya. Asalkan segala training, requirement, dan license yang ada dijalankan dengan baik dan teratur, segala kejadian buruk yang mungkin terjadi bisa kita minimize, dan Sriwijaya Air memiliki komitmen tinggi untuk melakukan hal tersebut.

Bagaimana Anda melihat prospek Sriwijaya Air ke depan?

Sriwijaya Air memiliki chance yang besar apalagi Indonesia adalah Negara kepulauan yang besar. Saat ini saja Sriwijaya Air ada di posisi ke-5 dari semua maskapai penerbangan yang ada di Indonesia. Jasa transportasi udara menjadi salah satu jasa transportasi penting di bumi nusantara. Peluang ini harus kita manfaatkan tentu dengan strategi perusahaan dan SDM yang mumpuni.