Putri Pariwisata Indonesia 2008: Albertina Fransisca Mailoa

putri pariwisata indonesia 2008 albertina fransisca mailoaSenang, bahagia, terharu menjadi satu. Itulah yang dirasakan oleh Albertina Fransisca Mailoa. “Saking senangnya, aku tidak bisa mengeluarkan air mata”, ungkap Albertina. Cika, demikian panggilan akrabnya, dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Indonesia (PPI) 2008. Ajang yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Indonesia ini diselenggarakan oleh Yayasan Eljohn Indonesia.

Ajang yang ditayangkan langsung oleh Metro TV pada 12 Juli yang lalu ini disaksikan langsung oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Jero Wacik. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan dukungannya terhadap pemilihan Putri Pariwisata Indonesia sebagai salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan dalam program Visit Indonesia Year 2008.

Dalam kesempatan berbeda, Cika menyatakan bahwa dia benar-benar mempersiapkan diri untuk ikut ajang PPI 2008, “aku membaca literature pariwisata Indonesia baik dari buku maupun dari internet”. Selain itu gadis berusia 22 tahun ini ingin menunjukkan rasa cintanya pada tanah air Indonesia, jadi bukan hanya sekedar representasi daerah tetapi juga menjadi representasi Negara Indonesia.

Gadis yang sebelumnya akrab dengan dunia modeling ini awalnya tidak ikut mendaftar dalam ajang PPI 2008 ini, “tapi suatu hari aku diajak teman-teman aku untuk jalan, eh, ternyata diajak audisi sama mereka” kenangnya. Namun kemudian ternyata dia lolos untuk masuk ke dalam program karantina sampai ke Grand Final, “Puji Tuhan aku berhasil melewati tahapan tersebut satu persatu”.

Indonesia, menurutnya, adalah Negara yang dianugerahi Tuhan dengan potensi alam yang luar biasa. Belum lagi keanekaragaman budaya yang tidak dimiliki negara-negara lain di dunia. “Aku ingin menjadi duta Indonesia yang dapat menceritakan kekayaan tersebut kepada dunia internasional”, ujar pemilik tinggi 171 cm dan berat 48 kg ini.

Ketika ditanya mengenai kesehariannya setelah menjadi Putri Pariwisata Indonesia, Cika menjawab dengan antusias, “Wah, kehidupanku berubah, kalau sedang pergi bertugas atau sekedar jalan-jalan ke suatu tempat aku harus bercerita tentang pariwisata Indonesia bahkan dengan keluarga sendiri”. Pemerintah dalam pandangannya sudah bekerja maksimal mempromosikan pariwisata Indonesia, “tinggal bagaimana pemerintah daerah yang harus berani memaksimalkan potensi daerahnya masing-masing”.

Di akhir pembicaraan, Cika mengutarakan rencana ke depannya sebagai Putri Pariwisata Indonesia, “aku sedang menjalankan tugas-tugas dari Yayasan El John Indonesia, selain juga mempersiapkan diri pada ajang Miss Tourism International”. Jika telah selesai menjalankan misinya sebagai Putri, penggemar hobi traveling ini ingin melanjutkan kuliahnya di jurusan Psikologi sebuah universitas swasta di Jakarta. “Selain itu aku juga ingin menularkan ilmu yang aku dapat ke provinsi asalku Maluku sekaligus menggiatkan lagi potensi wisata disana”.