House of Danar Hadi: One Stop of Batik Adventure

Surakarta, yang dikenal sebagai salah satu kota batik terbesar di Indonesia, kini patut berbangga. Kehadiran kompleks wisata budaya batik terpadu bernama House of Danar Hadi semakin menasbihkan kota Solo sebagai kota batik. House of Danar Hadi menawarkan sebuah konsep tematik yakni “One Stop of Batik Adventure”. Sebuah petualangan untuk menggugah kembali kecintaan terhadap Batik.

House of Danar Hadi yang terletak di jalan Slamet Riyadi 261 ini menambah destinasi wisata baru di kota Solo. Selain itu, Danar Hadi Group selaku pemrakarsa House of Danar Hadi ingin melestarikan budaya batik Indonesia dengan konsep yang berbeda sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Menempati areal seluas 1,5 hektar, House of Danar Hadi terdiri dari 6 bangunan yaitu:

  • Showroom Batik Danar Hadi

    Menyediakan beraneka ragam produk batik eksklusif dan juga cinderamata khas Solo. Beragam jenis batik mulai dari batik tulis, batik cap, maupun batik printing tersedia dengan harga yang bervariasi. Desain interior yang apik dan artistik menambah kenyamanan Anda ketika berbelanja.

    • Museum Batik Kuno

      Memamerkan koleksi batik-batik kuno dari berbagai kurun waktu sebelum dan sewaktu penjajahan Belanda dan Jepang sampai saat kemerdekaan Indonesia. Museum yang menganut tema Batik pengaruh jaman dan lingkungan ini memamerkan batik-batik bernilai seni tinggi, antara lain batik Keraton, batik Belanda, batik Cina, batik Hokokai, batik Indonesia, sampai batik Sudagaran.

      • Workshop Batik Tradisional

        Terciptanya sebuah karya wastra batik indah yang lahir dari tangan-tangan terampil bercita rasa seni tinggi, dapat Anda saksikan langsung di sini. Dimulai dari proses pembuatan motif pada kain, meletakkan malam di atas kain, sampai dengan proses pewarnaan batik tradisional. Anda pun dapat merasakan menggoreskan warna pada kain batik dengan canting.

        • Ndalem Wuryaningratan

          Merupakan kediaman KPH. Wuryaningrat, cucu dari Pakubowono IX, dan menantu raja Surakarta I.SK.S Pakubuwono X. Kini, Ndalem Wuryaningratan seperti terlahir kembali melalui proses restorasi menjadi bangunan yang megah dan representatif tanpa melupakan aspek sejarahnya.

          • Sasana Mangunsuka

            Didirikan mendampingi keanggunan bangunan nDalem Wuryoningratan, Sasana Mangunsuka merupakan banguan yang dilengkapi dengan kemewahan interior khas langgam Jawa. Dihiasi Patangaring yang megah keemasan, sasana Mangunsuka dapat menjadi tempat pertemuan atau pernikahan adat Jawa dengan nuansa tersendiri.

            • Souvenir & Café

              “Adventure” House of Danarhadi dapat diakhiri dengan mengunjungi souvenir shop dan café yang akan hadir di penghujung tahun 2008. Anda dapat mengoleksi pernak-pernik bertemakan House of Danar Hadi di Souvenir Shop. Secangkir minuman nikmat dan berbagai penganan khas Solo siap menemani bincang-bincang Anda dengan kerabat, keluarga, atau rekan bisnis setelah lelah berpetualang di House of Danar Hadi.

              Anda dapat mengunjungi House of Danar Hadi setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai pukul 4 sore. Harga tiket masuk untuk umum adalah 15ribu rupiah, sedangkan untuk pelajar ditetapkan tarif tujuhribu limaratus rupiah saja. Harga tiket sudah termasuk layanan pemandu wisata. Selain itu juga tersedia fasilitas belajar membatik. Tertarik? Segera datang ke House of Danar Hadi dan belajar mencintai produk bangsa sendiri.