Enklosur Beruang Madu

Beruang Madu adalah spesies unik yang hanya ada di Asia Tenggara. Di Indonesia, spesies ini dapat ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Bahkan kota Balikpapan menjadikan beruang madu sebagai maskotnya. Namun, jangan bayangkan Anda dapat menemukan spesies ini dengan mudah. Beruang Madu menjadi salah satu spesies yang terancam keberadaannya. Adalah menjadi tugas dan tanggung jawab manusia untuk melestarikan kelangsungan hidupnya dan menjaga habitat alam tempat tinggalnya.

Jika Anda berkunjung ke kota Balikpapan, sempatkan datang ke Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup (KWPLH) Enklosur Beruang. Lokasi ini terletak sekitar 23 km dari kota Balikpapan. Akses menuju lokasi ini mudah dijangkau dengan mobil pribadi. Tapi Anda jangan membayangkan melihat beruang seperti di kebon binatang dan taman safari atau bahkan menjadi tempat piknik keluarga. Hal ini dikarenakan beruang-beruang yang ada di tempat ini adalah beruang sitaan dari penduduk atau perdagangan ilegal yang sedang belajar kembali hidup di habitat aslinya.

Enklosur adalah sebuah kandang besar yang didesain alami seperti hutan dengan pepohonan yang rimbun. Terdapat lima ekor beruang sitaan yang ditempatkan di sini. Seperti yang dialami oleh Benny, salah satu beruang, yang kuku dan taringnya dicabut oleh perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab. Akibatnya, Benny menjadi cacat permanen dan tidak dapat kembali hidup normal di hutan.

Ketenangan menjadi hal yang harus Anda jaga jika berkunjung ke Enklosor ini karena beruang madu adalah beruang yang sensitif sehingga suara nyaring dapat membuatnya takut. Waktu yang tepat untuk menyaksikan bagaimana para beruang ini bertahan hidup adalah pukul 9 pagi dan 3 sore. Di saat itulah para beruang mendapatkan makanan yang disediakan oleh para penjaga di tempat khusus.

Selain enklosur beruang, di lokasi ini juga terdapat rumah kucing yang dihuni kucing-kucing yang tidak dirawat lagi oleh majikannya. Mereka tinggal dalam sebuah kandang besar dengan dahan-dahan dan undakan tempat mereka bermain. Jika Anda berminat datang ke lokasi ini, KWPLH Enklosur Beruang buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 2 siang dan pukul 3 sampai 5 sore.