Berbelanja oleh-oleh khas Kalimantan Timur

Berkunjung ke daerah baru tidak afdol rasanya jika tidak membeli oleh-oleh untuk sanak famili. Seperti yang Sriwijaya lakukan ketika mengunjungi provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu yang lalu. Tak kurang tiga kota besar Sriwijaya kunjungi di provinsi ini, yakni Balikpapan, Samarinda, dan Tenggarong. Pada dasarnya ketiga kota tersebut memiliki oleh-oleh khas yang hampir sama.

Ada satu tempat yang Sriwijaya singgahi di Balikpapan, Pasar Kebon Sayur namanya. Pasar ini bukan menjual sayur-sayuran seperti namanya, namun menjual secara lengkap produk-produk khas kerajinan daerah Kalimantan Timur, mulai dari mandau hingga sarung khas Samarinda. Selain itu juga ada aksesoris seperti kalung dan gelang yang terbuat dari manik-manik dan taring babi.

Jangan khawatir akan harga, karena produk-produk yang dijual di Pasar yang ada sejak tahun 70-an ini relatif terjangkau. Untuk aksesoris seperti kalung atau gelang dijual mulai dari 2000 rupiah. Untuk sarung khas Samarinda dijual mulai dari harga 30 ribu rupiah. Selain itu juga ada lampit, tikar khas Kalimantan, mandau, dan tameng untuk menghiasi rumah Anda.

Apabila Anda ingin membeli oleh-oleh makanan khas juga ada. Seperti yang Sriwijaya temukan di sepanjang jalan Gunung Sari dan sepanjang menuju Bandara Sepinggan. Oleh-oleh favorit wisatawan adalah Amplang Ikan Tengiri dan Amplang Kuku Beruang. Kebanyakan dari produk makanan ringan berasal dari produk laut mulai dari abon kepiting, pepes kepiting, keminting hingga telur pindang. Selamat berbelanja.