Taman Burung

Anda, para orang tua, mungkin sudah paham dengan keanekaragaman satwa burung yang ada di Indonesia karena jaman dulu masih banyak orang memelihara burung di rumah-rumah mereka. Ada burung Murai, Kakatua, Beo, Nuri, dan lain-lain. Namun bagi generasi anak-anak saat ini mungkin tidak tahu spesiel-spesies seperti yang disebut tadi kecuali melihatnya di buku-buku. Nah, jika Anda ingin mengenalkan anak-anak dengan spesies aves ini sambil berwisata, kunjungi Taman Burung yang ada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Taman Burung berjarak kurang lebih 300 meter dari pintu utama. Setelah masuk Anda akan menjumpai dua kubah besar yang dibatasi dengan garis Wallace yang membentuk sebuah danau kecil. Kubah sebelah kiri terdiri dari jenis burung yang berasal dari belahan barat Indonesia (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan), sedangkan kubah sebelah kanan terdiri dari jenis burung yang berasal dari belahan timur Indonesia (Sulawesi, Maluku, dan Papua). Terdapat sekitar 260 jenis burung asli Indonesia yang terbagi ke dalam dua kubah tersebut. Selain itu juga terdapat beberapa burung dari negara lain.

Ketika Anda mengunjungi kubah daerah Timur Indonesia, maka Anda akan mendapati burung-burung dengan warna yang menawan. Ada burung Cendrawasih, Kakatua, Bayan, Nuri dan masih banyak lagi. Kebanyakan dari jenis burung ini memakan buah-buahan. Namun, ketika Anda mengunjungi kubah daerah Barat Indonesia maka Anda akan mendengar kicauan-kicauan nyaring yang saling bersahutan walaupun warnanya tidak seindah dengan jenis dari daerah Timur Indonesia. Ada burung Cucokrowo, Kepodang, Muraibatu, Poksai, dan lain-lain. Burung-burung jenis ini kebanyakan adalah pemakan biji-bijian.

Saat ini Taman Burung menjadi tempat pelestarian, penangkaran, sekaligus wisata pendidikan. Taman Burung telah berhasil mengembangbiakkan sekitar 200 jenis burung yang 30 jenis diantaranya adalah jenis-jenis yang hampir punah. Selain itu taman ini sering menjadi ajang lomba burung atau penelitian. Sejak wabah flu burung, banyak pemilik burung yang menyerahkan burung peliharaannya ke tempat ini. Dengan perawatan yang baik, burung-burung di taman ini relatif aman dari wabah flu burung.

Jika Anda berminat mengunjungi tempat ini bersama keluarga sambil berekreasi, Anda cukup membayar rata-rata 7000 rupiah. Anda juga dapat berfoto bersama burung Macaw yang memiliki warna bulu yang indah dengan membayar 5000 rupiah saja. Sebaiknya datang pada pagi atau sore hari karena pada saat itulah burung-burung beraktifitas seperti mencari makan, mencari pasangan, atau berkicau. Nikmati keindahan dan kekayaan fauna burung Indonesia dengan datang ke Taman Burung.