Spaghetti Vs Fettucini: Dua Menu Italia yang Menggoda


Bagi Anda pecinta makanan Italia tentu tidak asing dengan dua makanan di atas. Spaghetti dan Fettucini saat ini sudah familiar di lidah masyarakat Indonesia dan menjadi menu favorit di restoran-restoran Italia yang menjamur di kota-kota besar. Bentuknya yang seperti mie dengan taburan topping seperti ayam dan keju tentu sangat menggugah selera.

Spaghetti dan Fettucini sebenarnya berasal dari sumber yang sama yakni Pasta. Pasta terbuat dari campuran tepung terigu, air, telur, dan garam yang dapat dibentuk menjadi berbagai ukuran. Ada dua jenis pengolahan pasta yang terkenal yakni direbus atau dipanggang. Hasil olahan pasta rebus yang populer inilah yang dinamakan spaghetti dan fettucini.

Ciri khas yang mencolok dari Spaghetti dan Fettucini adalah bentuknya. Spaghetti berbentuk bulat dan lebar sedangkan Fettucini berbentuk pipih dan panjang. Namun kedua jenis masakan ini diolah dan disajikan dengan cara yang sama. Umumnya Spaghetti dan Fettucini dimasak selama kurang lebih 10 menit dalam air mendidih yang diberi sedikit garam sehingga hasilnya tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang.

Penyajian Spaghetti dan Fettucini bisa dengan saus daging cincang yang Anda kenal dengan nama ala Bolognese maupun saus cream dengan smoked beef menggoda yang Anda kenal dengan nama ala Carbonara. Di atasnya Anda bisa memilih untuk menambahkan saus tomat atau potongan keju seperti Parmesan, Pecorino Romano, dan Asiago. Masakan Fettucini yang terkenal sejak dulu adalah Fettucini Alfredo yang dibuat pada tahun 1920an oleh Alfredo di Lelio di Roma. Resep aslinya terdiri dari mentega, krim, lada hitam segar, dan keju parmesan.

Memakan kedua hidangan yang menggoda ini bisa dengan dua cara. Bagi masyarakat timur, menggunakan sumpit (chopsticks) adalah hal yang wajar ditemukan, sedangkan bagi masyarakat barat lebih umum menggunakan sendok dan garpu. Orang-orang Italia sendiri terbiasa menggunakan garpu saja dengan cara memutar Spaghetti atau Fettucini tersebut.

Bila Anda menyukai bentuk pasta yang bulat seperti mi bulat akan cocok memilih menu Spaghetti, sedangkan bagi penyuka pasta yang pipih seperti mitiaw lebih cocok dengan menu Fettucini. Lebih lengkap lagi dengan memesan jus segar seperti jeruk, mangga, apel atau jambu. Nikmati Spaghetti atau Fettucini Anda bersama keluarga atau teman dekat.