SALES & MARKETING DEPARTMENT

S&M DeptPada edisi bulan Juni ini, redaksi Sriwijaya menyambangi Sales & Marketing Department yang terletak di lantai 4 Head Office Sriwijaya Air Gunung Sahari. Bapak Hendra Trimayanto adalah kepala suku divisi yang mengepalai 13 orang staf ini. Dengan pembawaan yang tenang beliau menjelaskan seluk beluk divisi yang dipimpinnya.

Sales & Marketing Department membawahi 3 divisi besar yakini, group desk national yang merupakan muara sales & marketing di daerah-daerah, sales group mengurus penjualan skala nasional, dan marketing group yang membuat perencanaan beserta strategi-strategi mengenai pengembangan Sriwijaya Air ke depannya. Apabila ada penambahan jumlah penerbangan atau pembukaan rute baru maka ini adalah hasil dari riset yang dilakukan oleh divisi ini.

Dalam membina kebersamaan di dalam divisinya, bapak Hendra menerapkan prinsip “one for all, and all for one” karena pekerjaan adalah untuk tim dan bukan untuk individu. “Strategi yang telah dicanangkan oleh marketing group akan dijalankan oleh sales group karena itu mereka harus saling memberikan support dan tidak bisa berdiri sendiri”, ungkapnya. Selain itu setiap setahun sekali diadakan outing bersama sales & marketing di daerah dengan tujuan agar antar pusat dan daerah saling mengenal sehingga dapat menghasilkan output yang lebih baik lagi.

Lebih lanjut pria kelahiran Medan 7 Mei 1971 ini mengungkapkan bahwa sebagai ujung tombah perusahaan maka dibutuhkan inovasi baru untuk diimplementasikan ke dunia konsumen penerbangan, “kita harus selalu dinamis karena bisnis penerbangan selalu berkembang dengan pesat”. Untuk itu target yang dituju dianggap sebagai pemacu kinerja dengan berpegang pada moto Sriwijaya Air “Better OTP (On Time Performance), Better Service”. Dengan itu, maka Sriwijaya Air akan selalu dicintai oleh konsumen penerbangan di Indonesia. (Rizky Kertanegara)

Iklan