Pondok Nelayan: Sensasi Seafood ala Balikpapan


Balikpapan sebagai kota transit di Kalimantan Timur memang menawarkan begitu banyak jenis makanan. Mulai dari makanan Padang hingga makanan Makasar semua ada disini. Hal ini tidaklah mengherankan karena Balikpapan menjadi tujuan begitu banyak pendatang di Indonesia. Multikultural begitulah kota Balikpapan menjadi semacam miniatur suku-suku di Indonesia.

Walaupun banyak jenis makanan yang tersedia di kota ini, Seafood tetaplah menjadi primadona. Selain karena dekat dengan laut, harganya pun relatif terjangkau bagi masyarakat kota Balikpapan. Seafood juga menjadi idola para ekspatriat yang bekerja di berbagai perusahaan minyak di Balikpapan.

Salah satu restoran seafood yang menjadi rekomendasi adalah Pondok Nelayan. Restoran ini terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan Balikpapan tepatnya di Jl. Jend. Sudirman No.561. Restoran ini memiliki total 350 tempat duduk, 4 VIP Room dan buka setiap hari mulai pukul 10 pagi sampai 10 malam. Sedangkan hari Sabtu buka sampai pukul 11 malam.

Pondok Nelayan menyediakan berbagai macam menu Seafood seperti Ikan, Udang, Cumi, Kerang, dan Kepiting. Semua pilihan dapat diracik sesuai permintaan. Selain dapat memilih sendiri bahan yang akan diolah, Pondok Nelayan juga memiliki kekhasan dari 6 jenis sambalnya. Ada sambal mangga, nanas, cobek, hijau, nelayan, dan parahiangan. Pilihan menyantap seafood dengan sambal untuk Anda menjadi bervariasi.

Menurut Pramono, salah seorang konsumen yang sedang bersantap siang, Pondok Nelayan merupakan destinasi favoritnya, “selain tempatnya tidak jauh dari bandara, saya suka dengan kepiting asoka dan es lidah buayanya”. Kepiting soka memang menjadi favorit karena dapat dimakan langsung dengan cangkangnya. Minuman lidah buaya juga terbukti dapat menghilangkan panas dalam.

Menu andalan di Pondok Nelayan menurut Hendri Gunawan, sang pemilik restoran, selain kepiting asoka juga ada kepala kerapu asam pedas, ikan salju tim, dan gurame terbang. Selain itu pilihan jus buah-buahan menjadi pelengkap yang tak terlewatkan. Semua bahan-bahan yang ada di restoran ini 80 persen dari daerah Kalimantan Timur sendiri.

Jadi, jika Anda akan menuju Balikpapan baik untuk keperluan bisnis ataupun liburan bersama keluarga datanglah ke Pondok Nelayan untuk merasakan masakan seafood ala Balikpapan.