Nokia Eco Sensor Phone Concept: Handphone Ramah Lingkungan


Saat ini produsen handphone terkemuka asal Finlandia, Nokia, meluncurkan satu desain konsep yang futuristic namun ramah lingkungan dengan nama Eco Sensor Concept. Tipe ini menyertakan unit sensor yang akan menempatkan beberapa sensor optional yang dapat memonitor lingkungan, mulai dari kondisi cuaca hingga kondisi kesehatan. Data yang diambil dari unit sensor tersebut kemudian dapat dibagi dengan pengguna lain untuk meningkatkan kepedulian kepada bumi.

Nokia Eco Sensor terdiri dari dua bagian, pertama handphone dan kedua semacam sabuk yang dapat dipakai di pergelangan tangan atau dikalungkan di leher yang berfungsinya sebagai unit sensor handphone. Teknologi NFC (Near Field Communication) melekat pada unit ini yang akan memberikan informasi ke ponsel atau perangkat lain yang mendukung NFC. Sabuk ini terbuat dari solar cell sebagai konsumsi powernya. Semua perangkat menggunakan teknologi mutakhir yang ramah lingkungan dan bio material yang dapat didaur ulang. Penggunaan energi saat proses produksi juga lebih sedikit dibanding saat ini. Selain hardware, Nokia juga mengemukakan kemungkinan akan adanya layanan web dan aplikasi mobile yang mengakomodasi semua data yang telah terkumpul.

Anda dapat memilih jenis sensor yang Anda inginkan sehingga tiap unit dapat memiliki kemampuan berbeda. Contohnya, Anda menggunakan perangkat ini sebagai “personal trainee” maka opsi sensor yang digunakan adalah fungsi monitor detak jantung dan sensor gerak. Beberapa pilihan kostumisasi yang ada saat ini:

1. Environmental monitoring

· Atmospheric gas-level monitor (termasuk carbon monoxide, particulate matter, dan ground-level ozone detectors)

· Ultraviolet radiation sensor

· Subscription to environmental catastrophe warning dan guidance system

2. Personal health

· Motion detector

· Heart rate monitor

· Noise level monitor

3. Weather monitoring

· Air pressure sensor

· Humidity sensor

· Temperature sensor

· Subscription to environmental catastrophe warning dan guidance system

Produk ini sendiri baru sekedar konsep dan saat ini belum diproduksi untuk konsumsi publik. Namun tidak tertutup kemungkinan Anda akan menjumpai produk ini di masa yang akan datang yang lebih ramah lingkungan tentunya.