Museum Mulawarman: Menilik Sejarah Kutai Masa Lalu

Tenggarong sebagai ibukota kabupaten Kutai Kartanegara terkenal dengan objek wisata sejarahnya. Salah satu objek wisata yang dapat ditelusuri tak jauh dari jembatan Tenggarong adalah Museum Mulawarman yang memuat peninggalan bersejarah dari kerajaan Kutai. Seperti yang Anda ingat dari pelajaran sejarah di sekolah, kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu pertama di Indonesia yang dibuktikan dengan adanya 7 buah Yupa atau prasasti yang ditulis pada tiang batu.

Pada halaman depan museum, Anda akan disambut oleh duplikat Lembu Suana yang merupakan lambang kerajaan Kutai Kartanegara. Museum ini memiliki 10 jenis koleksi sesuai dengan ketentuan yang terbagi atas Geologika, Biologika, Etnografika, Arkeologika, Historika, Numismatika, Filologika, Keramologika, Seni Rupa, dan Teknologika. Anda cukup membayar 2500 rupiah dan 1000 rupiah untuk anak-anak, untuk dapat memasuki museum yang memiliki luas sekitar 2500 meter persegi ini.

Berbagai macam peninggalan kerajaan Kutai dapat Anda lihat ketika memasuki museum yang terbagi atas 20 ruangan. Mulai dari meriam pemberian VOC, singgasana, kalung, keris, koleksi foto raja-raja, arca, pemberian negeri seberang seperti Cina dan Myanmar, manik-manik, perlengkapan upacara adat, kain tenun, beberapa minirama, hingga ranjang pengantin. Dari sini Anda akan menyadari bagaimana kerajaan Kutai merupakan salah satu kerajaan yang disegani dimasanya.

Di sebelah kiri museum Anda akan melihat kompleks pemakaman raja-raja Kutai Kartanegara yang dilengkapi dengan penataan taman yang apik dan asri. Setelah selesai menikmati koleksi sejarah, Anda dapat membeli cinderamata khas Kalimantan Timur yang ada di samping museum. Beberapa kios berdiri secara apik dibawah pepohonan yang rimbun sehingga Anda akan merasa nyaman memilih souvenir-souvenir yang dijual.

Jika Anda tertarik akan budaya, tradisi, serta peninggalan masa lalu Kalimantan Timur pada umumnya dan kerajaan Kutai pada khususnya maka datanglah ke Museum Mulawarman. Museum ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.00 waktu setempat kecuali hari Jumat hingga pukul 11.00.