Meng-hijau-kan pekerjaan Anda

office1Bagaimana menghijaukan pekerjaan Anda berarti bagaimana bekerja sekaligus ikut menjaga lingkungan. Tempat kerja yang ramah lingkungan berarti membuat tempat kerja anda lebih sehat dan produktif. Berikut 10 cara paling efektif untuk menjaga lingkungan ketika Anda bekerja:

1. Hemat Energi ketika bekerja

Bagi kebanyakan orang, komputer menjadi pusat pekerjaan. Optimalkan setting energy komputer dan pastikan untuk mematikannya ketika Anda pulang (“standby” setting akan terus menguras energi walaupun tidak digunakan). Dengan mencolokkan peralatan Anda pada kontak dengan tombol on/off, seluruh sambungan akan mati sekali tekan (pastikan untuk mematikan printer inkjet dahulu untuk menutup cartridgenya). Printer, scanner, dan peralatan lainnya yang hanya digunakan sesekali bisa dicabut sampai dibutuhkan kembali. Selain itu, matikan lampu-lampu di tempat yang tidak sibuk.

2. Beralih ke sistem digital

Adalah hal yang sedikit aneh di jaman digital seperti sekarang, Anda masih mengkonsumsi kertas dengan jumlah yang sangat besar, yang sebagian besar dipakai sekali. Kertas yang ramah lingkungan adalah tidak menggunakannya sama sekali. Gunakan peralatan digital seperti komputer untuk menyimpan file daripada menggunakan file cabinet (membuat mudah Anda ketika akan membuat backup dibanding membawanya ketika pindah ke kantor baru). Semakin sering Anda Online, semakin sedikit kertas yang dibutuhkan. Periksalah dokumen-dokumen di layar computer dibandingkan dengan mencetak hasil print-nya. Kirimlah e-mail dibanding surat menyurat.

3. Hemat konsumsi kertas

Ketika membeli kertas printer, carilah kertas daurulang dengan pemakaian berulang dan pemutih klorin minimum. Meskipun dinamakan kertas daurulang namun prosesnya memakan banyak energi, air, dan bahan-bahan kimia (limbah lumpur bubur kertas adalah rahasia tersembunyi dari industri kertas daurulang). Ketika menggunakan kertas, print pada dua sisi halamannnya jika dianggap kurang perlu dan gunakan hasil cetak yang salah untuk kertas catatan. Jika kantor Anda mengirimkan paket, gunakan kertas yang sudah dihancurkan dengan mesin pemotong sebagai alasnya.

4. Meng”hijau”kan perjalanan ke kantor

Alih-alih menghabiskan waktu di mobil pada kemacetan jam-jam kantor, coba gunakan transportasi publik massal seperti bis atau kereta kemudian berjalan atau bersepeda. Jika Anda masih ingin menggunakan mobil, coba beralih ke mesin hybrid, atau menggunakan mobil secara bersama-sama dengan teman kantor. Selain menghemat pengeluaran juga bisa menambah keakraban.

5. Bekerja dari rumah

Instant messaging, video conferencing, dan peralatan inovatif lainnya membuat telecommuting menjadi hal yang nyata di jaman teknologi seperti sekarang. Jika Anda bisa menggunakan “telecommute”, lakukan phone conference, ambil kelas online, atau jika tidak bekerja dari rumah. Anda akan menghemat waktu yang dibutuhkan dalam perjalanan. Telecommuting digunakan pada 44 juta orang Amerika karena dapat menghemat waktu dan energi.

7. Gunakan material ramah lingkungan

Beberapa kertas tidak terelakkan untuk digunakan, maka gunakan kertas daur ulang dan amplop yang diproses menggunakan metode eco-friendly. Pulpen dan pensin saat ini juga bisa dibuat dari material daur ulang. Belilah barang-barang yang dibutuhkan kantor dalam jumlah besar sehingga dapat mengurangi pengiriman dan pembungkusan, dan gunakan kembali boks pengiriman.

8. Desain ulang ruang kerja

Menghijaukan ruang kerja memiliki kemungkinan yang tidak terbatas, mulai dari furniture, pencahayaan dan udara yang bersih. Furniture dapat diproduksi dari bahan daur ulang atau yang bisa digunakan lagi. Lampu pijar dapat diganti dengan lampu neon. Kualitas udara yang baik juga penting. Ventilasi yang baik akan membuat karyawan tetap sehat.

9. Lunch time

Bawalah makan siang Anda dengan kemasan yang dapat digunakan kembali. Pesanlah makanan delivery secara bersama-sama (lebih efisien daripada terpisah karena menghemat bungkusan). Gunakan juga piring, perabot dapur, dan serbet yang dapat digunakan kembali. Jika Anda ingin keluar untuk makan siang, usahakan berjalan kaki saja.

10. Ajak teman-teman Anda untuk berperan serta

Ceritakan tips ini dengan kerabat Anda. Cobalah diskusikan dengan bos Anda untuk mencoba 4 hari kerja dengan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan 5 hari kerja. Pastikan setiap ruangan memiliki tempat sampah kertas. Ajak semua orang untuk membawa gelas atau mug sendiri dari rumah.