Capt. Alex Lumowa

Jangan pernah meragukan kemampuan profil pilot kita bulan ini. Capt. Alex Lumowa adalah salah satu dari sekian banyak pilot kebanggaan Sriwijaya Air. Jam terbangnya di udara sudah tidak perlu diragukan lagi. Saat ini beliau memilki License ATPL Indonesia, License CAA, dan juga sertifikat VVIP kepresidenan dengan 17000 jam terbang.

Pria kelahiran Makassar 2 November 1954 ini memiliki 10 rating untuk menerbangkan 10 jenis pesawat. “Saya pernah menerbangkan Casa 212, F-27, DHC-7, C-160, F-28, Skyvan, Gulfstream II & III, serta Boeing 727 & 737”, ujarnya dengan bangga.

Menurutnya ada dua hal yang membanggakan semenjak menekuni profesi kemudi pesawat. Kebanggaan pertama dan pengalamannya yang tidak terlupakan adalah ketika menjadi pilot RI-1 dan RI-2 melakukan kunjungan ke Eropa. Selain itu, salah satu anaknya mengikuti jejak suami dari Vira Lumowa menjadi pilot penerbangan komersil, “bukan hanya kebanggaan bagi saya tetapi juga keluarga”.

Pilot lulusan Curug tahun 1977 ini mengatakan bahwa kenikmatan penumpang selama berada di dalam pesawat adalah kepuasan tersendiri. “Kuncinya adalah service & safety”, jelas penggemar olahraga bowling ini.

Selama menjadi pilot Sriwijaya Air sejak tahun 2006, Capt. Alex sangat menikmati suasana nyaman yang ada di Sriwijaya. Menurutnya Sriwijaya Air termasuk maskapai yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan,  “Sriwijaya harus tetap eksis di dunia penerbangan Indonesia karena sudah punya nama baik di benak konsumen”.