Dieng Plateau Teater: Melihat Dieng lebih dekat

Dieng Plateau Theater

Anda tentu sudah mengenal daerah dataran tinggi Dieng yang terletak 2093 meter di atas permukaan laut. Salah satu objek wisata unggulan di Jawa Tengah ini menawarkan pesona tersendiri dan banyak mengundang wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya. Di antara objek wisatanya yang terkenal antara lain kawah candradimuka, telaga warna, komplek Candi Dieng, kawah sikidang, dan yang masih tergolong baru adalah Dieng Plateau Teater. Teater ini dapat menjadi titik awal bagi para wisatawan sehingga mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai objek-objek wisata yang ada di Dieng.

Jika Anda ingin menikmati keindahan alam Dieng, sempatkanlah lebih dahulu mampir ke Dieng Plateau Teater ini. Diresmikan oleh SBY pada 9 maret 2006, Dieng Plateau Teater adalah sebuah teater mini berkapasitas 60 tempat duduk. Dari depan Anda akan melihat sebuah bangunan bergaya klasik tradisional dengan tangga berundak-undak dari batu. Hamparan pepohonan yang hijau menambah kesejukan tempat ini. Memasuki ruang dalam teater kita akan melihat susunan tempat duduk berwarna biru tersusun rapi selaras dengan warna temboknya yang juga berwarna biru. Anda akan merasa seperti berada di bioskop sungguhan begitu duduk di dalam teater ini.

Sebuah layar berukuran 2×3 meter terpampang di depan tempat duduk. Suhu pun menjadi lebih dingin karena teater ini juga dilengkapi dengan Air Conditioner (AC). Setelah duduk, petugas yang ramah akan memutarkan sebuah film documenter berjudulBumi Kahyangan Dieng Plateau” berdurasi kurang lebih 20 menit. Film ini bercerita tentang awal mula terjadinya dataran tinggi Dieng dan fenomena-fenomena yang terjadi sampai sekarang. Selain itu juga diceritakan mengenai kisah candi-candi yang ada, aktivitas utama dan budaya masyarakat Dieng, hingga sebuah pembangkit listrik yang menggunakan tenaga uap. Sound system yang baik membuat Anda tidak akan merasa ketika film telah selesai diputar.

Setelah mendapatkan pemahaman dari film yang diputar di Dieng Plateau Teater, Anda dapat menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi. Tidak jauh dari teater ini terdapat sebuah pembangkit listrik, perkebunan kentang, dan kalau turun sedikit ada Telaga Warna. Jadi, segeralah berkunjung ke Dieng dan nikmati suasana alamnya yang asri dan sejuk.