TTO GUNUNG SAHARI

Hangat dan ramah, begitulah kesan yang saya dapat dengan para staf ketika bertandang ke TTO Gunung Sahari di tengah kesibukan mereka masing-masing. Pertanyaan saya pun terjawab ketika mendengar jawaban ibu Tresnowati selaku Branch Manager, “keramahan adalah salah satu poin penting pelayanan di kantor ini”. TTO yang berlokasi di jalan Gunung Sahari Raya no.13 ini terdiri dari tiga divisi yakni Accounting, Sales, dan Ticketing. Divisi Accounting terdiri atas 14 orang, divisi Ticketing 13 orang, dan divisi Sales 5 orang.

Ibu Tresnowati yang menjadi Branch Manager sejak september 2005 menjelaskan bahwa sebagai TTO Sriwijaya Air nomor satu, kesibukan para stafnya termasuk tinggi karena membawahi banyak travel agent selain juga agen-agen tradisional yang sudah lama menjadi mitra TTO Gunung Sahari, “tantangan terbesar kami adalah memenuhi target dari para agen-agen besar sebagai salah satu TTO yang paling besar”. Untuk mencapai tujuan tersebut TTO Gunung Sahari ini membina agen-agen yang sudah ada, pengembangan corporate dan juga reward terhadap walking guest. Menurut salah satu staf TTO yang bertugas di bagian Sales Coordinator, ibu Tresnowati secara personal sifatnya baik namun dalam menjalankan tugas beliau termasuk tipe workaholic, gesit, bahkan bisa dibilang bawel.

Ketika ditanya mengenai kebiasaan kerja yang unik di TTO ini ibu Tresnowati langsung menjawab,”kami selalu menyempatkan diri berdoa bersama sebelum memulai pekerjaan”. Konsep budaya kerja yang kelihatannya simpel ini terbukti dapat menjalin kebersamaan sekaligus religius kepada semua staf di TTO Gunung Sahari. Selain itu setiap minggu seluruh divisi melakukan briefing untuk merefresh kembali tugas-tugas yang sedang dikerjakan dan hasil yang telah dicapai. Di setiap divisi juga memiliki kebiasaan unik untuk menjalin keakraban seperti karaoke atau nonton bersama dan juga memberikan kado kepada staf yang berulang tahun. Tidak diragukan lagi keakraban di TTO Sriwijaya Air Gunung Sahari membuat suasana kerja menjadi kondusif dan nyaman dalam mencapai tujuan. bm-perwakilan-divisi