Rosso del Italia

Jika Anda ingin menikmati cita rasa Italia di Jakarta, Rosso Lounge & Resto adalah salah satu rekomendasi terbaik. Terletak di Lobby Level hotel Shangri-La Jakarta, lokasinya yang di tengah kota dan perkantoran sangatlah strategis untuk dijangkau. Rosso yang diresmikan pada 4 november 2006 memiliki 93 tempat duduk di ruang makan utama, 40 tempat duduk di Lounge, dan 2 semi provate rooms. Menurut bapak Yuska selaku PR & Communication Shangri-La Hotel, kebanyakan pengunjung Rosso adalah 70 persen tamu lokal dan 30 persen tamu yang menginap.

Rosso yang dalam bahasa Italia berarti merah benar-benar tersaji pada busana waitress dan juga interiornya yang berwarna merah. Warna ini sering diasosiasikan dengan gairah dan keberanian yang memancarkan aura elegan dan kehangatan. Rosso yang didesign oleh Zanfhellini & Holt Associates, designer terkemuka asia yang berbasis di Hongkong, memiliki ruang lounge dalam dengan ciri khas elegan yakni sofa dari bahan kulit asli dengan aksentuasi bahan bulu dan lampu temaram. Permainan cahaya dari lampu di balik bar menjadi daya tarik tersendiri dengan memendarkan warna yang berganti-ganti. Warna-warna hangat seperti karamel, kayu gelap, lampu jingga berbebentuk bandul raksasa, seperti panel-panel kaca dan terali kayu. Sofa melingkar dengan gaya retro menciptakan definisi baru dalam suasana makan yang lebih santai. Intinya suasana cozy benar-benar terasa ketika Anda memasuki Rosso.

Suguhan masakan Rosso memiliki cita rasa Italia daerah utara yang dibuat dengan bahan-bahan segar terbaik yang telah dipilih. Para tamu dapat menikmati kombinasi memikat dari tampilan yang indah dan rasa tradisional yang lezat. Menu masakannya sendiri selalu mengalami rotasi untuk menyuguhkan pengalaman masakan Italia yang berbeda setiap bulannya. Namun ada satu menu unggulan Rosso yang selalu ada yakni Trilogy of Veal Tenderloin with Asparagus, Porcini, dan Black O. Suguhan kelezatan daging sapi yang terdiri atas tiga topping berbeda ini benar-benar tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Di bulan maret ini Rosso juga menawarkan menu Seabass Fillet yakni ikan Seabass dengan minyak zaitun asli, krim kentang, artichokes, dan tomat..

Selain itu berbagai macam mocktail, cocktail, maupun wine disajikan untuk mempersiapkan para tamu sebelum makan. Cocktail bertajuk “Trilogy” yang merupakan cocktail unik khas Rosso akan disuguhkan dalam tiga jenis yakni dingin (frozen), busa (foamed), dan original (stirred). Dihidangkan dalam satu wadah mirip vas, tiga gelas dengan tangkai panjang yang berisi masing-masing olahan dan disajikan laksana bunga menawan. Untuk dessert atau makanan penutup Rosso mempersembahkan New Tiramisu a la Rosso yang merupakan paduan tiramisu dengan biskuit Ladyfinger dengan taburan kopi khas Italia yang sangat nikmat ditemani dengan secangkir espresso atau satu sloki Kahlua.

Cita rasa Italia begitu kental terasa karena kehadiran Chef Alessandro Santi yang berasal dari Bologna, Italia. Chef kelahiran Pesaro ini mengawali karir di dunia hotel dan makanan melalui Istituto Alberghiero di Stato Santa Maria, sekolah kejuruan perhotelan di kota kelahirannya. Chef Alessandro memang masih baru di Shangri-La Group, namun ia telah mengenal Asia sejak lama melalui pengalamannya bekerja di Myanmar dan Cina. “Dia termasuk Chef yang tidak segan mengecek masakan chef bawahannya bahkan masih memasak sendiri untuk pelanggan Shangri-La”, ujar Yuska lagi. Alessandro menggambarkan kreasi kulinernya sebagai “ringan, sederhana, dan rendah kalori”. “Jika Anda pernah memasak untuk orang-orang seperti pangeran Albert dari Monaco, Naomi Campbell, Jennifer Lopez, Tina Turner, atau para pembalap F1, adalah suatu keharusan untuk menyajikan masakan dengan kadar kelezatan tinggi namun rendah lemak”, papar Alessandro.

Berminat mencoba kuliner khas Italia Utara? Silahkan kunjungi Rosso pada pukul 11.30-14.30 untuk makan siang dan pada pukul 18.30-22.30 untuk makan malam. Khusus Lounge area waktu makan malamnya adalah pada pukul 17.30-01.00. Selain itu, Rosso merupakan tempat yang sempurna untuk bertemu, baik untuk menikmati hidangan minuman, bincang-bincang hangat, ataupun hanya untuk bersantai mendengarkan berbagai pilihan lagu khas.