Mad About Donuts

Penganan satu ini memang dapat membuat kita tergila-gila. Sejak kecil Anda tentu sudah mengenal donat. Donat adalah penganan digoreng yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Donat dari adonan tepung yang memakai ragi biasanya kadar lemak 25% dari berat donat, sedangkan donat adonan cake mengandung kadar lemak 20% saja. Adonan donat terdiri dari dua jenis, adonan yang dibangunkan dengan ragi seperti adonan roti dan adonan kental seperti adonan cake. Jenis donat yang biasa kita kenal adalah donat dengan lubang di tengah ditambah taburan gula putih atau meses. Namun sekarang varian donat semakin banyak, mulai dari donat isi berbagai macam selai hingga donat dengan bentuk yang unik seperti rantai.

AsaVarian Donatl-usul donat sendiri masih menjadi misteri, ada yang mengatakan bahwa donat dibawa ke amerika utara oleh imigran belanda yang juga memomulerkan hidangan penutup lain seperti kue krim dan pai. Versi lain mengatakan ada seorang kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory yang sering menahkodai kapal harus dengan kedua tangannya karena sering dilanda badai. Kue gorengan yang sedang dimakannya kemudian ditusukkan ke roda kemudi kapal sehingga menjadi bolong. Donat juga berperan besar sebagai makanan utama para pejuang yang terlibat dalam Perang Dunia I dan II.

Saat ini kegemaran makan donat telah menjadi gaya hidup tersendiri di perkotaan. Orang-orang dari kalangan menengah ke atas rela antri di mal-mal untuk membeli donat. Hal ini juga tidak lepas dari perubahan konsep gerai-gerai donat yang tadinya hanya sekedar menjual donat namun kemudian juga menyediakan tempat yang nyaman hingga fasilitas internet wi-fi gratis. Biasanya mereka kongkow dengan teman-teman seprofesi sambil ditemani oleh minuman yang juga dijual oleh gerai donat seperti kopi, teh, atau susu coklat baik panas maupun dingin.

Dahulu gerai yang khusus menjual donat yang kita kenal adalah Dunkin Donuts. Namun seiring membaiknya ekonomi, gerai toko donat baru pun bermunculan. Mulai J-Co yang fenomenal hingga I-Crave dan Crispy Crème. Semua gerai tersebut menawarkan varian donat yang unik dan lezat tentunya. Selain itu gerai donat juga berlomba-lomba menciptakan kreasi donat terbaru. Imej donat itu manis pun mulai pudar, mulai dari kadar manis yang berkurang hingga topping-topping seperti keju, tiramisu, ataupun taburan kacang almond. Semua topping donat tersebut pastinya membuat kita menelan air liur. Selain itu tekstur donat juga tidak terlalu keras hingga kita bisa menghabiskan tidak hanya satu buah saja. Donat memang menjadi makanan ringan paling praktis untuk disantap siapa saja dan kapan saja.