Aircrew & gadget

killing timeTelepon selular kini tidak hanya sekedar untuk menelpon atau mengirim pesan singkat. Kemajuan teknologinya yang pesat seiring dengan munculnya variasi gadget handphone yang semakin canggih. Kini, semua orang bisa berselancar di dunia maya tanpa kendala ruang dan waktu. Pun yang dialami oleh para aircrew Sriwijaya Air. “Ibaratnya Killing Time”, ujar seorang pramugari. Waktu menunggu pesawat menjadi tidak terasa dengan adanya telepon selular, mulai dari menelpon hingga membuka website facebook. Tidak hanya canggih, memiliki handphone tertentu juga menjadi suatu gaya hidup

Demam Blackberry seri Bold pun juga melanda para aircrew. Jumlah penggunanya saja di Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan ke-empat di dunia. Blackberry adalah alat komunikasi nirkabel yang mendukung fasilitas push email, internet, telepon, SMS keluaran dari perusahaan Research in Motion asal negeri Kanada. Kelebihan utama dari gadget ini adalah ketahanan baterainya yang mampu bertahan hidup dengan kondisi internet tersambung terus selama satu hari penuh. Dengan kondisi ini, para aircrew yang bertugas dapat meng-update informasi dan tetap bisa ber-internet di manapun mereka berada.

Buat mereka yang gemar mengabadikan foto pun dapat menggunakan handphone. Kualitas gambar handphone saat ini tidak kalah dengan hasil dari kamera digital. Resolusi yang semakin besar dengan berbagai fitur anti-goyang mulai menggeser keberadaan kamera digital. Sebut saja Sony Ericsson C905, Nokia 6220, dan LG Secret. “Kadang aku bisa ambil foto aku di dalam pesawat atau ketika singgah di suatu bandara. Lumayan bisa jadi kenang-kenangan tersendiri”, kata pramugari Sriwijaya Air.

Satu lagi gadget yang menjadi favorit para aircrew adalah ponsel musik. Untuk gadget satu ini, iPhone keluaran Apple menjadi rajanya selain juga seri walkman dari Sony Ericsson. Kekuatan memori yang bisa mencapai 16 gigabytes menjadi keunggulan iPhone dari merk lainnya. Yang terbaru, smartphone layar sentuh ini juga memiliki jaringan 3G dan HSDPA bahkan juga dengan fitur GPS (Global Positioning System). Sayang, gadget ini tidak bisa dibeli di Indonesia. Kebanyakan para aircrew membelinya di luar negeri seperti Singapura atau Filipina. Namun dalam waktu dekat pada awal tahun 2009 ini, salah satu provider selular akan meluncurkan paket bundling iPhone 3G. Wah, bisa jadi koleksi terbaru para aircrew nih,..